Pages

Tuesday, November 13, 2012

Bajigur Khas Bandung

Selain bandrek, juga ada minuman yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh ketika kondisi cuaca dingin yaitu bajigur. Bajigur adalah minuman asli orang sunda yang biasa dibuat ketika cuaca sedang dingin, umumnya dijual di daerah pegunungan yang memiliki suhu dingin. Bajigur khas bandung adalah salah satu yang terkenal dan memiliki rasa yang begitu nikmat.

Minuman ini terbuat dari gula aren, kopi, dan santan. Biasanya di jual di tempat wisata seperti Tangkuban Perahu atau Kawah Putih dan tersedia juga di beberapa restoran-restoran sunda. Untuk menambahkan kenikmatannya bajigur juga kadang ditambahkan vanili, jahe, pandan, dan kayu manis.

Penjual bajigur tradisional biasanya memakai gerobak dengan membawa kompor dan berjualan keliling kampung. Minuman ini dibeli biasanya sebagai teman makan ubi, kacang rebus, jagung rebus, serabi, dan lain-lain.

Cara membuatnya pun sangat sederhana cukup dengan merebus santan, jahe, daun pandan dan bahan lainnya kemudian sambil diaduk diatas api kecil sampai tercium bau harum. Setelah itu masukkan kopi bubuk dan gula merah. Aduk sampai gula larut. Bajigur pun siap dihidangkan.

0 comments:

Post a Comment