Pages

Saturday, November 10, 2012

Nasi Jamblang, Khas Cirebon

Nasi Jamblang adalah makanan khas dari daerah Cirebon biasa di sebut "Sega Jamblang" oleh masyarakat Cirebon. Sega (Nasi). Nasi jamblang adalah makanan nasi putih dengan lauk pauk khasnya seperti perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, ikan asin, tahu, tempe dan sambal goreng yang di bungkus dengan daun jati. Tidak seperti biasanya nasi itu dibungkus dengan daun pisang karena katanya apabila dibungkus dengan daun jati nasi nasi lebih awet dan terasa pulen.

Nama nasi jamblang di ambil dari sebuah daerah yang berada di sebelah barat kota Cirebon. Pada awalnya Nasi Jamblang adalah makanan yang diperuntukan untuk para pekerja paksa pada jaman pemerintahan Belanda yang pada waktu itu sedang membangun jalan dari Anyer ke Panarukan yang kebetulan melewati kota Cirebon.

Sampai sekarang pun sega jamblang tetap menjadi makanan yang digemari oleh masyarakat Cirebon sekaligus menjadi makanan khas di daerahnya. Nasi yang ditemani lauk-pauk ini memang sangat nikmat dan lezat.

Apabila anda berkunjung ke daerah Cirebon, jangan lupa mencicipi ya. Selain harganya yang murah juga karena rasanya yang enak di lidah.

0 comments:

Post a Comment