Pages

Sunday, March 9, 2014

Tips Jangan Pakai Air Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Bau Amis Seafood

cara menghilangkan bau amis pada ikan

Cara menghilangkan bau amis seafood adalah dengan menggunakan air jeruk nipis, itulah cara yang sering kita temui saat belajar memasak seafood. Dari sabang sampai merauke kalau belajar mengolah masakan seafood, salah satu cara yang paling populer untuk menghilangkan amis dari seafood adalah dengan menggunakan air jeruk nipis. Kandungan asam dalam jeruk nipis dianggap penghilang bau paling efektif.

Namun, menurut Chef Winni Giwangkara, penggunaan jeruk nipis ini justru tidak disarankan. MENGAPA ?

"Air jeruk nipis ini memang dapat menghilangkan amis dari seafood, tapi sekaligus juga malah akan merusak tekstur seafood dan mematangkan dagingnya. Kalau ingin pakai air jeruk sebaiknya dipakai menjelang ingin dimasak," kata Winni saat peluncuran Fiesta Sealicious di fX, Jakarta Selatan, Rabu

Perlu Anda ketahui bersama, Asam yang terkandung dalam air jeruk nipis ini memiliki sifat yang mematangkan daging, merubah warna daging, dan juga menghilangkan rasa alami seafood-nya. Jangan kaget bila Anda belajar memasak seafood warna dan rasa dari masakan Anda terkadang kurang sedap dan teksturnya tidak seperti yang Anda inginkan. Dibanding menggunakan perasan air jeruk nipis, Winni menyarankan untuk mencucinya menggunakan air bersih saja.

Selain mencucinya sampai bersih dengan air mengalir, Winni juga menyarankan untuk menggunakan kunyit parut yang dilumuri ke seafood atau dengan air asam jawa.

"Tapi pemakaian kunyit jangan terlalu banyak karena seafood akan berubah warna. Untuk satu kilogram seafood bisa gunakan dua sendok makan," ujarnya.

Ia menambahkan, selain menghilangkan amis, apalagi untuk ikan air tawar, kunyit juga akan membuat seafoodnya pun jadi lebih wangi sehingga saat dimakan rasanya jadi lebih enak.

0 comments:

Post a Comment