Pages

Friday, November 16, 2012

Ketoprak Jakarta

Ketoprak Jakarta - Indonesia memiliki anyak sekali makanan khas yang berbeda-beda setiap daerahnya. Keunikan inilah yang menjadikan Indonesia kaya akan budayanya. Begitupun dalam hal makanan tradisional. Indonesia memiliki makanan tradisional setiap daerahnya, tidak seperti di Inggris dan Amerika yang hanya memiliki beberapa makanan khas saja di dalam negaranya.

Ketoprak adalah makanan khas asli yang berasal dari Indonesia. Dilihat dari komposisinya saja ketoprak memang tiada duanya di dunia. Tapi kita lihat saja apakah negara tetangga kita akan mengeklaim lagi ketoprak sebagai makanannya khasnya. Kita tanya saja sama dua bersaudara Upin dan Ipin. Hehe

Ya ketoprak sendiri adalah makanan yang berasal dari Jakarta yang digemari di tanah air. Tidak heran jika dii setiap daerah pasti ada saja yang berjualan ketoprak ini, khusunya daerah Pulau Jawa. Makanan ini terbuat dari bahan utama beras yang di godok yang dibungkus dalam wadah daun kelapa alias Ketupat. Selain itu ada bahan2 pelengkapnya seperti tahu, bihun, mentimun, toge, dan bisa pake telur rebus. Bumbunya tedari saus kacang dan kecap.Dan ditaburi bawang goreng serta kerupuk di atasnya.

Penjualnya biasa berkeliling kampung menggunakan gerobak dan ada pula yang dipinggir-pinggir jalan. Jika saya tanyakan rasanya anda pasti sudah tahu kaya gimana. Pokonya bisa bersaing deh dengan makanan khas jepang seperti susis, bakpao, dan makanan barat seperti pizza dan hotdog. Itu kata orang Indonesia. Hehe.

0 comments:

Post a Comment