Pages

Thursday, November 15, 2012

Tahu Gejrot

Tahu gejrot adalah makanan khas dari kota Cirebon. Jajanan ini biasanya di jual oleh penjual keliling dengan menggunakan gerobak kecil yang dipikul atau sepeda. Bagi anda yang hobi kuliner tentu tahu betul tentang rasa dari jajanan yang satu ini. Ketika sudah memakan anda akan ketagihan ingin terus memakannya.

Tahu gejrot adalah makanan yang terdiri dari tahu yang digoreng kemudian di iris kecil-kecil dan dimakan dengan bumbunya yang terbuat dari cabe, bawang merah, gula. Sangat cocok disanta disiang hari ketika terik matahhari sedang memancar membuat anda yang memakannya menikmati setiap cucuran keringat karena rasa pedas dari jajanan satu ini.

Jika sepintas terdengar dari namanya, tahu gejrot memang tidak terdengar menarik di banding nama seperti fried chicken, pizza, dan sejenisnya. Tapi kita mesti bangga lho karena ini asli makanan khas Indonesia. Di luar negeri tidak ada tahu, hanya di Indonesia lah tempaatnya. Dan ternyata di luar negeri juga banyak di jual makanan khas Indonesia, salah satunya tahu gejrot. Wahh keren ya. ;-)

Cara membuatnya dengan memotong kecil-kecil terlebih dahulu kemudian di bumbui dengan garam, bawang merah, bawang putih, gula merah dan cabe. Setelah itu di ulek-ulek seperti halnya membuat sambal dalam coet namun ini berbeda. 

Setelah bumbu di ulek kemudian diberi air yang sudah dibumbui oleh kecap dan gula aren yang sebelumnya di godok terlebih dahulu dan kemudian di dinginkan. Bumbu cair inilah yang membasahi potongan Tahu dan menjadikan ciri khas Tahu gejrot yang rasanya selalu menempel di lidah. Enak dan nikmat luar biasa membuat orang ketagihan ingin mencicipinya lagi dan lagi.
 

0 comments:

Post a Comment