Pages

Monday, February 11, 2013

Aneka Makanan khas Betawi yang Nikmat

Ibukota Jakarta tidak akan lepas dari peran masyarakat Betawi. Meskipun tradisi dan budaya masyarakat Betawi sudah mulai tergusur oleh perkembangan zaman namun masih ada jejak-jejak peninggalan, diantaranya adalah makanan khas Betawi.

Bagi anda yang hendak berkunjung dan singgah ke Jakarta jangan lupa untuk mencicipi erbagai makanan khas betawi di bawah ini, Rasanaya tidak kalah nikmat dengan makanan-makanan modern saat ini. Beberapa darinya bahkan terkesan unik dan menarik.

Jajanan khas betawi ini akan dibagi dalam makanan cemilan, makanan berat, dan minuman khas. Yups langsuang saja, berikut diantaranya :

Makanan Cemilan

1. Kerak Telor
Jajanan ini sering dijumpai di daerah PRJ (Pekan Raya Jakarta) dan sekitarnya.  Bahkan beberapa orang banyak yang mengaitkan makanan ini dengan kawasan tersebut. Di hari-hari biasa, banyak pedagang kerak telor yang menjual secara keliling dari kampung ke kampung. Bagi anda yang penasaran silahkan anda coba cicipi.

2. Kembang Goyang
Makanan ini termasuk jajanan yang manis dan gurih. Terbuat dari tepung beras yang di cetak dalam sebuah cetakan yang berbentuk bunga. Camilan ini sangat cocok dinikmati bersama kopi hangat di waktu sore atau malam hari.

3. Roti Buaya
Nah makanan yang satu ini mungkin satu-satunya di dunia, hwkwk. Ukuran rotinya yang terbilang besar dan aneka bentuk roti yang menyerupai buaya memiliki keunikan tersendiri. Roti buaya merupakan salah satu persembahan untuk pengantin dalam adat masyarakat betawi. Namun belakangan ini roti buaya makin sulit ditemukan.

4. Kue Rangi
Tepung kanji dan parutan kelapa adalah bahan dasar pembuatan kue ini. Rasanya gurih dan manis karena berasal dari parutan kelapa dan gula merah. Aromanya sangat menggugah selera. Namun sayang, kue ini juga makin sulit saja ditemukan. Tapi masih banyak toko kue atau restoran yang menjual jajanan ini.

Makanan Berat

1. Soto Betawi
Soto betawi memiliki citra tersendiri sebagai jajanan di ibukota. Hal yang berbeda dari soto betawi adalah adanya kuah santan. Rasanya sangat nikmat dan lezat dengan daging sapi/ayam dan irisan tomat segar. Bagi yang penasaran ada baiknya anda cicipi masakan ini.

2. Lontong Sayur Betawi
Masakan ini juga menjadi salah satu makanan betawi yang memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Sayur lontong menggunakan pepaya muda dengan kuah santan yang berasa pedas tak kan berhenti membuat lidah anda bergoyang ria.

3. Gado-gado betawi
Gado-gado merupakan salah satu masakan khasi Indonesia. Bisa anda temukan dimana-mana, namun tidak ada salahnya mencicipi gado-gado khas betawi dengan sentuhan rasa yang sedikit berbeda dengan gado-gado pada umumnya.

Minuman khas Betawi

1. Es Doger
Es doger bisa dapat dengan mudah di sekitar jakarta. Biasanya dijual secara keliling oleh pedagang-pedagang menggunakan gerobak yang di dorong. Es doger adalah minuman dengan serutan es, dengan tambahan ketan hitam, tape singkong, sirup, roti tawar dan juga susu kental. Coba deh rasakan kesegarannya.

2. Bir Pletok
Jenis bir yang satu ini berbeda dengan bir luar negeri yang sifatnya memabukan. So, jangan salah tuduh dulu nih, hehe. Bir ini dulunya sering dibuat dalam acara-acara adat betawi. Terbuat dari rempah-rempah seperti jahe merah, kayu manis, serai, kapulaga, dan sebagainya. Minuman ini juga berkhasiat menghangatkan tubuh jika dalam suasana dingin seperti hujan.

Bagaimana, anda tertarik untuk mencobanya? :D

0 comments:

Post a Comment