Pages

Monday, December 3, 2012

7 Masakan Indonesia yang Terkenal di Dunia

7 Masakan Indonesia yang Terkenal di Dunia - Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya serta tradisi, termasuk juga dunia kuliinernya. Setiap daerah di tanah air memiliki makanan khas masing-masing yang mencirikan nama daerahnya misal dodol garut, sate madura, ketoprak jakarta, atau nasi jamblang di Cirebon.

Beragam makanan yang ada di Indonesia ini ternyata menarik perhatian orang luar negeri untuk mencoba mencicipi masakan khas kita dan tidak sedikit pula yang memfavoritian masakan Indonesia sebagai makanan paling enak. Bahkan karena rasanya yang enak beberapa makanan khas Indonesia banyak disuguhkan di beberapa negara di dunia.

Berikut adalah 7 masakan khas Indonesia yang Terkenal di Dunia :

1. Sate
Di tanah air sate juga menjadi jajanan paling laris, hampir setiap daerah pasti ada orang yang menjual sate. Yang populer di tanah air adalah sate madura. Selain populer di tanah air sate juga ternyata menjadi masakan populer dan lezat yang paling banyak diminati di seluruh dunia. Sate menempati urutan kedua sebagaimakanan paling banyak diminati di dunia.

2. Rendang
Rendang adalah makanan khas dari Sumatera Barat. Masakan ini berbahan dasar daging sapi dan santan yang direbus dengan campuran bumbu serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, jahe, dan cabai. Masakan ini dapat di jumpai di rumah makan Minang.

3. Nasi Goreng
Makanan ini adalah salah satu makanan favorit presiden Amerika Serikat lho. Barrack Obama yang dahulu pernah tinggal di Indonesia sewaktu kecil tahu betul rasa dari nasi goreng khas Indonesia dan sampai sekarang beliau tetap memfavoritkan nasi goreng.

4. Bakso
Selain ketiga makanan di atas ada juga makanan yang berbahan dasar daging sapi pada umumnya yaitu bakso. Selain populer di Indonesia ternyata bakso juga menjadi makanan favorit banyak orang di dunia. Makanan ini di buat dari daging sapi yang di bentuk bulat-bulat dimakan bersama mie dan sayur seperti toge dan daun bawang.

5. Soto Betawi
Makanan khas jakarta ini menjadi salah satu makanan favorit di dunia. Sekarang soto tidak hanya ditemui di Jakarta tetapi juga di seluruh daerah-daerah di Indonesia. Terbuat dari bahan baku beras yang di rebus dengan daun pisang atau disebut lontong dimakan dengan kecap dan bumbu lainnya.

6. Gudeg
Gudeg adalah salah satu makanan khas dari daerah Yogyakarta. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek

7. Ketoprak
Makanan ini biasa di jual oleh pedagang keliliing menggunakan gerobak. Bahan bakunya menggunakan ketupat yaitu beras yang direbus dengan daun pisang atau kelapa. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau di kaki lima. Komponen utamanya adalah tahu, bihun, ketimun, tauge dan bisa juga pakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap, dan taburan bawang merah goreng.

0 comments:

Post a Comment