Pages

Saturday, December 15, 2012

Cara Membuat Martabak Manis Bangka

Cara Membuat Martabak Manis Bangka - Martabak menjadi salah satu makanan populer di Indonesia selain Sate dan Bakso. Ada macam-macam jenis martabak di tanah air. Salah satunya adalah martabak manis bangka, dinamakan martabak bangka karena konon martabak ini berasal dar pulau Bangka seperti layaknya sate madura yang berasal dari Pulau Madura.

Rasa martabak ini sangat manis dan legit serta dengan campuran susu, keju dan mises seres yang membuat martabak bangka berbeda dengan martabak-martabak lain. Ukuran martabak ini pun lebih tebal dan besar sehingga satu porsi martabak bisa dimakan oleh 2-3 orang.

Martabak ini biasa ditemukan di pinggir-pinggir pasar atau jalan dimana penjualnya biasa menggunakan gerobak. Keberadaannya bisa anda temukan hingga pelosok daerah bukan hanya di daerah perkotaan. Rasanya yang nikmat dan martabaknya yang khas membuat banyak orang melirik usaha martabak bangka ini.

Bagi anda yang ingin mencoba menjajal pembuatan martabak bangka di rumah, bisa anda ikuti langkah-langkah di bawah ini tentang Cara Membuat Martabak Manis Bangka :

Bahan-bahan :

125 gram Tepung terigu
50 gram Gula pasir
1/4 sdt Baking powder
1/4 sdt Garam
175 ml air
1 sdt Ragi instant
2 butir Telur
susu kental manis
Keju cheddar, meises

Cara Membuat Martabak Manis Bangka :

1. Pertama kocok terlebih dahulu tepung terigu, 25 gram gula pasir, baking powder dengan air sampai terlihat lembut. Kemudian masukan ragi instan dan diamkan selama 1 hingga 2 jam.
2. Kocokan telur dan gula pasir 25 gram, masukan ke dalam adonan tepung martabak.
3. Panaskan cetakan martabak dengan api kecil, olesi dengan minyak atau margarin. kemudian tuangkan adonan martabak ke dalamnya. Biarkan hingga adonan mengeluarkan buih dan berongga. Taburkan gula pasir kemudian tutup sampai matang.
4. Angkat martabak dari cetakan, letakan pada talenan kemudian olesi margarin dan taburi dengan meses, keju dan kemudian tuangi dengan susu kental manis.
5. Belah menjadi dua bagian dan tumpuk sehingga membentuk setengah lingkaran. Potong potong menjadi beberapa bagian, Kue martabak manis bangka siap untuk dinikmati


Demikian informasi tentang Cara Membuat Martabak Manis Bangka. Martabak Bangka tersebut bisa anda persembahkan untuk keluarga tercinta sebagai selingan makanan di waktu kosong. Semoga resep di atas bermanfaat. Selamat mencoba.



0 comments:

Post a Comment