Pages

Saturday, December 8, 2012

Resep Cara Membuat Bakso Urat

Resep Cara Membuat Bakso Urat - Bakso adalah salah satu masakan khas Indonesia yang sangat populer. Keberadaannya dapat dengan mudah kita temui dimana-mana. Ada beberapa jenis bakso yang kita jumpai di Indonesia seperti bakso ikan, bakso udang dan bakso sapi. Salah satu yang populer adalah bakso urat yang terbuat dari daging sapi.

Kepupuleran bakso urat tidak lain karena rasa dari bakso ini yang lezat dan bakso yang terasa kenyal di lidah. Secara turun temurun masyarakat dengan baik menjaga resep bakso urat yang berasal dari kota Solo ini. Pada saat sekarang ini bakso sudah ada di resoran-restoran mewah kelas dunia bahkan sampai di luar negeri.

Oke langsung saja ya mari kita bahas tentang resep dan cara membuat bakso urat. Bisa anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Bahan-bahan
200 gram daging sapi berurat, potong kasar
50 gram tepung tapioka
50 gram es batu, pecahkan kasar

Bumbu Bakso
1 sendok makan bawang merah goreng, haluskan
1 sendok makan bawang putih goreng, haluskan
1/2 sendok teh garam halus
1/4 sendok teh penyedap rasa, jika suka
1/2 sendok teh merica bubuk

Bumbu Kuah Bakso
1.000 ml air
1,5 sendok makan bawang merah goreng, haluskan
1 sendok makan bawang putih goreng, haluskan
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh penyedap rasa, jika suka
Garam secukupnya

Pelengkap
Sambal rawit goreng
Kecap manis
1 batang daun bawang, iris halus
Saus sambal
Saus tomat

Cara MembuatBakso Urat :

1. Masukkan daging, es batu, bawang putih, bawang merah, merica bubuk, penyedap rasa, dan garam halus dalam food processor, proses hingga halus.

2. Masukan tepung tapioka, proses kembali hingga tercampur rata.

3. Masukan adonan bakso pada tangan kiri, kepalkan tangan hingga adonan bakso keluar di antara jari jempol dan telunjuk, lepaskan dengan bantuan sendok.

4. Masukkan bulatan bakso pada air panas, lakukan hingga adonan habis. Masak dengan api kecil hingga bakso mengapung, angkat, tiriskan.

4. Setelah memilih bahan yang tepat, keberhasilan membuat bakso juga tergantung pada kesuksesan membuat adonan dan merebus bakso. Berikut ini kiatnya:

5. Setelah bakso terbentuk, masukkan ke dalam air panas tidak mendidih. Setelah proses pembuatan adonan selesai, barulah direbus dengan api kecil hingga bakso mengapung. Angkat lalu tiriskan.

6. Jangan langsung memasukkan bulatan bakso ke dalam air mendidih karena permukaan bakso akan keriput dan kemungkinan pecah akibat suhu air yang terlalu tinggi.

7. Jika akan disimpan atau tidak langsung diolah atau dimakan, siram dengan air dingin dan tiriskan kembali. Simpan dalam wadah tertutup.

8. Sajikan bakso urat dengan kuah dan pelengkapnya.


Demikian informasi tentang Resep Cara Membuat Bakso Urat. Semoga bisa bermanfaat.






0 comments:

Post a Comment