Pages

Tuesday, December 11, 2012

Cara Membuat Telur Asin Khas Brebes

Cara Membuat Telur Asin Khas Brebes - Telur Asin adalah salah satu makanan Indonesia yang unik. Keberadaannya mungkin hanya bisa ditemukan di negara kita tercinta dan sangat sulit dijumpai di luar negeri. Inilah yang membuat telur asin ini unik. Salah satu telur asin yang terkenal di tanah air adalah telur asin Khas Brebes.

Telur asin adalah makanan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan, pada umumnya memakai telur itik atau telur bebek meski tidak menutup kemungkinan memakai telur lain.

Telur Asin khas Brebes konon memiliki rasa yang lebih enak daripada telur asin biasa pada umumnya. Jika di luar negeri telur dijadikan sebagai makanan cemilan di Indonesia digunakan sebagai lauk pauk sehari-hari. Meski rasanya kadang terasa sangat asin namun masyarakat tanah air kerap kali menggunakan makanan ini sebagai menu harian.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Telur Asin Khas Brebes. Bagaimana sih cara pembuatannya. Mari kita bahas.

Bahan-bahan :

10 Sdm Garam Dapur
1000 ml Air
10 Butir Telor Bebek

Cara Membuat Telur Asin Khas Brebes :

1. Telor bebek dibersihkan terlebih dahulu dengan cara di gosok atau disikat hingga bersih.
2. Simpan telur bebek dalam wadah Tupperware untuk memeram telor bebek ( Dengan menggunakan SIngle Deco ).
3. Tuangkan air kedalam wadah Single Deci lalu masukan garam dan aduk rata, sehingga menjadi larutan air garam.
4. Masukan telor bebek yang sudah bersih kedalam larutan tersebut.
5. Tutup rapat wadah, lalu simpan ditempat yang kering.
6. Untuk telor dengan kadar keasinan rendah disimpan 1 minggu saja, untuk keasinan sedang disimpan selama 2 minggu dan bila ingin sampai “Masir” ( kuning telor sampai keluar minyaknya ) disimpan sampai 3 minggu.
7. Selanjutnya telor bisa direbus atau di bikin masakan lain

Demikian informasi tentang Cara Membuat Telur Asin Khas Brebes. Bisa digunakan untuk lauk pauk keluarga anda. Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment