Pages

Friday, January 11, 2013

Tips Memasak Kolak Pisang yang Enak

Tips Memasak Kolak Pisang yang Enak - Setelah kita membahas mengenai Resep Cara Membuat Kolak Pisang paling Enak kini akan saya berikan tips-tips memasak supaya kolak pisang tersebut bisa berasa nikmat dan lezat. Jika mungkin dalam memasak pisang tersebut anda menemukan masalah berupa kesulitan-kesulitan silahkan tanyakan melalui form komentar di bawah.

Tips Memasak Kolak Pisang yang Enak
Menu spesial kolak pisang ini cocok untuk berbuka atau pun sebagai hidangan keluarga tercinta. Sebelum membuat kolak pisang terlebih dahulu anda harus memperhatikan hal-hal di bawah ini yaitu :

1. Pisang
Memilih pisang adalah salah satu bagian paling penting agar rasa pisang di kolaknya nikmat. Pilihlah jenis pisang seperti pisang tanduk, pisang kepok, atau pisang raja. Pilih yang masak pohon agar rasanya manis enak dan tidak keras sepet. Jika memakai pisang raja sebaiknya kukus dulu pisang. Karena pisang raja biasanya membuat kuah kolak kebiruan jika direbus bersama santan.

2. Santan
Agar kolak pisang terasa nikmat dan lezat, hendaknya juga diperhatiikan dalam memilih santan. Santan hendaknya dipilih dari kelapa segar. Pilihlah kelapa yang merah karena jika memakai kelapa hijau santan agak dekil warnanya.

3. Gula
Agar rasa manis kolak terasa pas, anda juga perlu memperhatikan gula yang ditambahkan kedalam kolak. Hendaknya menggunakan gula aren atau gula jawa yang bersih dan agak gelap warnanya agar warna kolak menjadi karamel cantik. Sisir halus gula Jawa, masak bersama 20% gula putih (dari jumlah seluruh gula) dengan sedikit air hingga larut. Saring air gula ini agar kolak bersih. Tambahan sedikit gula pasir akan membuat kolak lebih legit atau tidak asam.

4. Bahan tambahan
Agar rasa kolak lebih berasa dan lebih nkmat lagi, anda perlu menambahkan bahan-bahan tambahan seperti ubi, labu kuning dan buah atap. Anda juga bisa menambahkan bahan seperti tape singkong, nangka, dan kurma agar lebih beraroma sedap tentunya.

Demikian Tips Memasak Kolak Pisang yang Enak.
Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment