Pages

Monday, April 22, 2013

Cara Membuat Pancake Durian

Pancake Durian adalah salah satu jajanan lezat dengan isi buah durian di dalamnya di balut dengan kulit pancake yang berwarna hijau berbentuk menyerupai bantal dan memiliki rasa yang sangat nikmat menggugah selera. Para pecinta kuliner pasti tahu betul makanan khas kota Medan ini.

Akhir-akhir ini Pancake Durian juga menjadi salah satu kuliner yang banyak diminati, dan keberadaannya dapat kita temukan tak hanya di Medan tetapi juga di seluruh kota-kota besar di tanah air seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Namun kocek rupiah yang anda keluarkan untuk sekedar menikmati jajanan ini tentunya tidak sedikit.

Cara Membuat Pancake Durian
Tapi anda tak usah khawatir, dimana ada niat disitu ada jalan. Solusinya kita akan buat sendiri di rumah. Ya udah langsung kita buat aja yukk, berikut adalah Resep Cara Membuat Pancake Durian :

Bahan-bahan
  • Daging buah durian, 600gr 
  • tepung terigu, 250gr 
  • telur ayam, 2 butir
  • santan kental, 550ml (1 buah kelapa parut)
  • krim kental, 250ml (didinginkan, kocok hingga kaku)
  • pasta pandan siap pakai, 1/4 sdt   
  • garam, 3/4 sdt
Cara Membuat Pancake Durian

Pertama-tama kita buat dulu kulit pancakenya :
  1. Masukan tepung terigu dalam mangkuk, tambahkan garam lalu aduk-aduk hingga rata.
  2. Tambahkan telur satu per satu lalu aduk perlahan menggunakan whisk sampai rata.
  3. Setelah itu, tuangkan santan dan aduk-aduk rata jangan sampai adonan menggumpal. Masukan juga pasta pandan siap pakai dalam adonan tersebut.
  4. Sesudah adonan beres, siapkan wajan anti lengket. Olesi dengan margarin sampai rata.
  5. Ambil adonan (50ml) lalu tuangkan di atas wajan kemudian ratakan hingga membentuk dadar tipis. Masak hingga marang selama kurang lebih 2 menit. Lakukan sampai semua adonan selesai.
  6. Setelah semua adonan habis, diamkan kulit pancake tersebut agar tidak panas selanjutnya anda isi dengan isi pancake.
Isi Pancake
  1. Ambil satu lembar kulit pancake, isi dengan 1 sendok makan krim kocok di tengah pancake lalu ratakan.
  2. Setelah itu, tambahkan 2 sdm daging buah durian. Bungkus isi dengan cara melipat kulit membentuk seperti amplop dan rapatkan. Lakukan sampai semua habis.
  3. Setelah semua selesai dibuat, tahap selanjutnya adalah memasukan pancake tersebut ke dalam lemari es supaya sedikit mengeras dan rasanya segar. 
  4. Setelah dingin, angkat dan sajikan.
Beres dehh, bagaimana mudah bukan cara membuatnya? Anda bisa persembahkan pancake durian tersebut sebagai hidangan spesial keluarga anda dirumah atau pun sebagai makanan untuk menjamu tamu.

Demikian Resep Cara Membuat Pancake Durian.
Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment