Pages

Thursday, April 18, 2013

Cara Membuat Rengginang Renyah

Cara Membuat Rengginang Renyah - Sudah tahu rengginang belum sobat? Itu loh kue kering renyah yang dibuat dari ketan. Tau gak? Rengginang ini merupakan salah satu makanan khas negeri kita lho sobat. Selain rasanya yang gurih dan renyah, kue kering ini juga kadang sulit ditemukan kecuali pada waktu musimnya. Biasanya di kampung saya pada saat musim hajatan. Hajatan tau kan? Itu lho acara pernikahan atau sunatan anak kecil. Kue rengginang biasanya udah jadi makanan wajib untuk para tamu undangan.

Cara Membuat Rengginang Renyah 
Nah, ngomong-ngomong soal kue rengginang, mungkin sebagian dari anda penasaran seperti apa sih kue yang satu ini. Daripada penasaran, yukk sama-sama kita buat aja. Siapin dulu alat-alat masaknya dan siapin bahan-bahan di bawah ini ya?

Bahan-bahan
  • beras ketan, 800gr 
  • 5 butir bawang putih, dihaluskan
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 sendok teh garam
  • 300ml air
Alat
  • Cetakan berukuran bundar diameter 4cm
Cara Membuat Rengginang Renyah
  1. Beras ketan direndam dalam air selama kurang lebih tiga jam. Setelah itu dikukus dalam dandang hingga ketan setengah matang.
  2. Didihkan 300ml air, tambahkan bawang putih, garam dan terasi. Jangan lupa di aduk-aduk hingga larut. Lalu masukan ketan dan masak sampai airnya berkurang dan habis. Kalo mau ketannya berwarna-warni tetesin pewarna makanan yuaa. :D
  3. Langkah selanjutnya yaitu pindahkan ketan yang sudah diberi bumbu tadi dalam sebuah dandang. Lalu di kukus selama kurang lebih 25 menit hingga matang. Setelah matang, angkat dan keluarkan.
  4. Nah langkah selanjutnya adalah pencetakan. Selagi masih panas ketan dicetak dalam cetakan. Setelah semuanya selesai kemudian jemur di terik sinar matahari sampai mengering.
  5. Setelah kering, langkah selanjutnya ketan udah siap digoreng nih sobat. Kita siapin dulu minyak gorengnya. Dipanaskan terlebih dahulu, jangan lupa juga goreng dalam minyak yang banyak yuaa.
  6. Goreng sampai rengginang mekar dan matang. Setelah itu angkat, ulangi sampai semua selesai digoreng.
  7. Rengginang renyah pun siap disajikan.
Gimana mudah bukan cara membuatnya?

Demikian Resep Cara Membuat Rengginang Renyah.
Semoga berhasil ya. Selamat mencoba.

Sumber gambar : TabloidNova

0 comments:

Post a Comment